Skip to main content

TLJ F || MENGELOLA KERJA SISTEM KOMUNIKASI VOIP

 F. Standarisasi dan Struktur VoIP

Implementasi VoIPdikaji di dalam forum VoIP, yang merupakan konsorium teleconference multimedia internasional. Pesertanya antara lain Cisco Systems Inc, Action Consulting, Creative Labs, Dialogic, MICOM Communications, Microsoft, NetSpeak, Nortel, Nuera Communications, Octel, U.S. Robotics, Vienna Systems, Vocaltec, dan Voxware. Forum VoIP bertugas menyusun pedoman baku, mencari peluang untuk meningkatkan interoperabilitas dan kualitas, serta menyusun bakuan penomoran. Ini bukan soal mudah di dunia IP. Forum VoIP telah menyusun “Services interoperability agreement” (SIIA) sebagai acuan perancangan software client dan gateway yang memungkinkan terbentuknya interoperatibilitas. Namun dokumen ini masih sering diubah-ubah.

1. Struktur

SIIA menyusun VoIP dalam tiga elemen yaitu sebagai berikut.

a. VoIP Operational Environtment.

b. VoIP Stack.

c. CMA: Call Management Agent.

Menurut SIIA, pemaketan suara akan menggunaan bakuan ITU-T H.233. Standar ini mendefinisikan pengangkutan suara, data, dan video melalui network IP, termasuk kompresi dan dekompresinya. Standar ini juga mendefinisikan bagaimana trafik yang peka terhadap delay (yaitu suara dan video) harus memperoleh prioritas agar mendekati real time. RSVP, reservation protocol, merupakan protokol yang serupa di dunia IP, digunakan untuk pencadangan bandwidth. Persinyalan antar elemen dilakukan melalui protokol ITU-T Q.931 yang merupakan bagian dari H.323. Setiap elemen harus melakukan konversi persinyalan setempat menjadi persinyalan H.323/Q.931 di backbone. Kebutuhan lain seperti reprodiksi DTMF telah dimasukkan juga untuk menjaga keterhubungan dengan telefoni tradisional. H.323 belum meliputi sistem informasi direktori. Maka, SIIA menambahkan layanan direktori dan pengelolaan call yang disebut Call Management Agent System (CMAS). CMAS memadukan layanan direktori exist seperti LDAP dengan mekanisme pengalaman IP yang dinamis. Proses Digital Signal Processor (DSP), pada VoIP, bagian voice signal diubah ke bentuk frames dan disimpan dalam bentuk voice packets. Kemudian voice packets akan ditransportasikan menggunakan IP melalui jaringan H.323 (ITU), SIGTRAN (IETF), Skinny (Cisco) dan lain-lain. Secara garis besar standar Voice over IP dari site www.Protocols.com.




2. Quality of Service

Beberapa hal yang digunakan untuk mengetahui sebuah kualitas dari IP net melalui beberapa metode antara lain delay (penundaan), jitter, echo (gema suara), congestion (kemacetan data), packet loss (data yang hilang), dan paket yang tidak sesuai pad penerima. Pada VoIP delay merupakan masalah yang paling sensitive.

Ada beberapa metode dan algoritma yang digunakan untuk mengevaluasi QoS:

a. PSQM (ITU P.861)

b. PAMS (BT)

c. PESQ

Ketiga metode tersebut berdasarkan kualitas suara yang dapat didengar oleh telinga manusia dengan pemberian nilai 1 (untuk hasil yang buruk) dan 5 (hasil yang baik).

3. Services

Beberapa pelayanan yang diberikan melalui VoIP berdasarakan permintaan pasar: Phone to Phone, PC to phone, phone to PC, Fax to E-Mail, E-Mail to fax, fax to fax, voice to E-Mail, IP Phone, transparent CCS (TCCS), toll free number (1-800), class services, call center applications, VPN, Unified massaging, Wireless Connectifity, IN Application using SS7, IP PABX and soft switch implementations.

4. Interkoneksi

Hal yang menarik tentang VoIP adalah banyaknya cara untuk melakukan panggilan saat ini ada 3 jenis metode yang berbeda yang paling sering digunakan untuk melakukan layanan VoIP, yaitu: 

a. ATA (Analog Telephone Adaptor) Cara yang paling sederhana dan paling umum adalah menggunakan suatu alat yang disebut ATA. ATA memungkinkan kita untuk menghubungkan pesawat telepon biasa ke komputer atau disambungkan ke internet untuk dipakai VoIP. ATA adalah alat pengubah sinyal dari analog menjadi digital. Cara kerjanya adalah mengubah sinyal analog dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk ditransmisikan melalui internet.


Provider seperti VONAGE dan AT&T Callvantage membuat alat ATA dan memberikannya secara gratis kepada pelangganya sebagai bagian dari service mereka. Mereka tinggal membuka ATA, memasang kabel telepon le a;at. Dan VoIP sudah bisa digunakan. Beberapa jenis ATA di paket dan di bundel beserta software tambahan yang harus diinstalkan pada komputer untuk melakukan konfigurasi ATA, tetapi pada umumnya itu hanya setting yang sangat mudah.

b. IP Phones

Pesawat telepon khusus ini sama dengan telepon biasa. Namun, selain mempunyai konektor RJ-11 standar, IP Phones juga mempunyai konektor RJ-45. IP Phones menghubungkan langsung dari telepon ke router, dan di dalam IP Phones sudah ada semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang di dalamnya yang menunjang melakukan pemanggilan IP. Tidak lama lagi, IP Phones nirkabel (Wireless) akan tersedia, dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan panggilan VoIP dari hotspot yang tersedia.


c. Computer-to-Computer

Cara ini jelas merupakan cara paling mudah untuk melakukan panggilan VoIP. Anda bahkan tidak usah membayar satu rupiah pun untuk melakukan SLJJ ada beberapa perusahan yang menawarkan program yang harganya murah bahkan gratis yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan VoIP. Yang harus Anda sediakan hanya program (software), microfon, speaker, soundcard dan koneksi internet, lebih diutamakan koneksi internet yang relative cepat seperti koneksi kabel atau DSL. Selain biaya bulanan ISP, biasanya ada lagi biaya untuk panggilan computer-tocomputer, seberapa jauh pun jaraknya.




d. Flekxibility
Dengan VoIP, anda dapat melakukan panggilan dari mana saja yang memliki broadband connectivity. Dengan kata lain, IP Phones or ATAs broadcast harus terhubung dengan internet. Para business man dapat membawa phones or ATAs mereka di dalam perjalanan untuk memudahkan pengaksesan telepon rumah. Alternatif yang lain adalah sof


Comments

Popular posts from this blog

Cara Instalasi dan Konfigurasi Briker di VirtualBox (VoIP Server)

  sebelum proses install lakukan persiapan berikut ini :  Persiapan Instalasi: Membuat Virtual Machine Buka aplikasi VirtualBox lanjutkan dengan klik New Pada halaman Name and Operating System: Name: isi nama Virtual Machine yang diinginkan (misal Server_Briker), Type: Linux, dan Version: Other Linux 64bit, klik Next, Atur ukuran memory pada halaman Memory Size, klik Next Pada halaman Hard disk, pilih Create a virtual hard disk now, klik Create Pada halaman Hard disk file type, pilih VDI (VirtualBox Disk Image), klik Next Pilih Dynamically allocated pada Storage and physical hard disk, klik Next Atur kapasitas hard disk pada halaman File location and size, klik Create Terakhir menentukan letak media instalasi ISO Briker dengan cara klik Setting > Storage > Empty > klik icon disk sebelah kanan > choose virtual optical disk file Instalasi #1 Klik start untuk menjalankan Virtual Machine Server_Briker Terdapat 3 opsi instalasi seperti dijelaskan di bawa...

PSTS 1

Assalamualaikum wr wb Berikut saya lampirkan Materi dan contoh soal dari mata pelajaran Dasar Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.  LINK MATERI DAN CONTOH SOAL  

TLJ A-E || MENGELOLA KERJA SISTEM KOMUNIKASI VOIP

TUJUAN PEMBELAJARAN  Pada akhir pembelajaran diharapkan siswa mampu : 1. Menguji server VOIP 2. Membuat laporan hasil instalasi Server VoIP PETA KONSEP PENDAHULUAN VoIP adalah suatu mekanisme teknologi yang memungkinkan terjadinya percakapan (voice) dengan memanfaatkan jaringan internet. Sinyal suara analog yang didengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara realtime. Definisi VoIP secara singkat adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP). Prinsip kerja VoIP adalah menumpangkan sinyal suara pada paket data jaringan komunikasi internet sehingga sistem komunikasi suara dapat dengan mudah berjalan di atas protokol teknologi komunikasi internet. A. Prosedur Pengamatan Kerja Sistem Telekomunikasi Prosedur dalam pengamatan kerja sistem telekomunikasi memiliki beberapa langkah prosedur yang harus dilaksanakan diantaranya sebagai berikut. 1. Proses komunikasi diawali dengan sebuah pesan atau ...